Jumat, 21 November 2014

20 asam amino

No
Jenis Asam Amino
Fungsi
Manfaat
1
Glisin
Sebagai inhibitor neurotransmiter pada sistem saraf pusat (CNS) dan merupakan asam amino penting yang diperlukan kelenjar prostat
Glisina merupakan asam amino nonesensial bagi manusia. Tubuh manusia memproduksi glisina dalam jumlah mencukupi. asam amino ini memiliki khasiat bisa mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak (begin prostatic hyperplasia) pada kaum pria.
2
Alanin
Alanina dapat berperan dalam pengenalan substrat atau spesifisitas, khususnya dalam interaksi dengan atom nonreaktif seperti karbon. Dalam proses pembentukan glukosa dari protein, alanina berperan dalam daur alanina. Dan mrupakan asam amino penting yang diperlukan kelenjar prostat
asam amino ini memiliki khasiat bisa mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak (begin prostatic hyperplasia) pada kaum pria
3
Valin
valina berfungsi menggantikan posisi asam glutamat, asam amino lain yang hidrofilik(‘suka air’), pada hemoglobin.

asam amino ini merupakan asam asmino esensial bagi tubuh.
4
Leusin
leusina berperan dalam menjaga perombakan dan pembentukan protein otot
Asam amino ini mutlak diperlukan dalam perkembangan anak-anak dan dalam kesetimbangan nitrogen bagi orang dewasa
5
Isoleusin
Sebagai penyusun utama protein.
asam amino ini merupakan asam amino esensial dalam tubuh.
6
Serin
Serina merupakan asam amino penyusun protein, Serina penting bagi metabolisme karena terlibat dalam biosintesissenyawa-senyawa purin dan pirimidin, sistein, triptofan (pada bakteria), dan sejumlah besar metabolit lain.
asam amino esensial bagi manusia. Sebagai penyusun protein non-enzim, rantai sampingnya dapat mengalami glikolisasiyang dapat menjelaskan gangguan akibat diabetes. Serina juga merupakan satu dari tiga asam amino yang biasanya terfosforilasioleh enzim kinase pada saat transduksi signal pada eukariota

7
Treonin
Kehadiran enzim treonina-kinase dapat menyebabkan fosforilasipada treonina, menghasilkan fosfotreonina, senyawa antara penting pada biosintesis metabolitsekunder.
Bagi manusia, treonina bersifat esensial. Tubuh manusia tidak memiliki enzim pembentuk treonina namun manusia memerlukannya, sehingga treonina esensial (secara gizi) bagi manusia

8
asam aspartat
asam amino penyusun proteinsebagaipembangkitneurotransmiter di otakdansarafotot. Senyawa ini juga merupakan produk dari daur urea dan terlibat dalam glukoneogenesis.
Diduga, aspartat berperan dalam daya tahan terhadap kepenatan.
9
asam glutamat
asam amino penting yang diperlukan kelenjar prostat
asam amino ini memiliki khasiat bisa mencegah atau mengatasi hipertrofi atau pembesaran prostat jinak (begin prostatic hyperplasia) pada kaum pria. Dapatmerangsangbeberapa type saraf yang adapadalidahmanusia, glutamat di manfaatkandalamindustripenyedap rasa. Dalamkeseharian di dapatidalambentukgaramturunan yang di sebutsebagai monosodium glutamatatau MSG




10.  Asparagina
Fungsi : Asparagin adalah analog dari asam aspartat dengan penggantian gugus karboksil oleh gugus . 
Manfaat : karboksamidAsparagina diperlukan oleh sistem saraf untuk menjaga kesetimbangan dan dalam transformasi asam amino. Ia berperan pula dalam sintesis amonia.

11.  Glutamina
Fungsi : mengganti rantai samping hidroksilasam glutamat dengan gugus fungsional amina. Asam amino iniberfungsisebagaibahanbakarotak yang mengontrolkelebihanamonia yang terbentukdalamtubuhakibat proses biokimia.
Manfaat : Glutamina dijadikan suplemen atlet binaraga untuk mengganti kerusakan otot dengan segera akibat latihan beban yang berat.

12.  Lisina
Fungsi : kerangka bagi niasin (vitamin B1) serta penyusun protein.
Manfaat : asam amino esensial, Lisina juga dilibatkan dalam pengobatan terhadap penyakit herpes.

13.  Arginina
Fungsi : Asam amino arginin memiliki kecenderungan basa yang cukup tinggi akibat eksesi dua gugus amina pada gugus residunya.
Manfaat : Bagi anak-anak, asam amino ini esensial. Asam amino ini juga meningkatkanperkembangandankondisikesehatan.

14.  Histidina
Fungsi : berperan dalam sistem saraf dan karnosin.
Manfaat : Bagi manusia histidina merupakan asam amino yang esensial bagi anak-anak.

15.  Sisteina
Fungsi : sumber utama dalam sintesis senyawa-senyawa biologis lain yang mengandung belerang. Sisteina dan metionin pada protein juga berperan dalam menentukan konformasi proteinkarena adanya ikatan hidrogen pada gugus tiol.
Manfaat : Sistein merupakan asam amino bukan esensial bagi manusia.

16.  Metionina
Fungsi : Asam amino ini penting dalam sintesis protein(dalam proses transkripsi, yang menerjemahkan urutan basa nitrogendi DNAuntuk membentuk RNA) karena kode untuk metionina sama dengan kode awal (start) untuk suatu rangkaian RNA. Biasanya, metionina awal ini tidak akan terikut dalam protein yang kelak terbentuk karena dibuang dalam proses pascatranskripsi.
Manfaat : Asam amino ini bagi manusia bersifat esensial.

17.  Prolina
Fungsi : sebagai komponen protein.
Manfaat : Prolina bukan merupakan asam amino esensial bagi manusia.
Fungsi : sebagai penghantar atau penyampai pesan(neurotransmitter) pada sistem sarafotak.bahanbakubagipembentukankatekolamin.
Manfaat : Prolina bukan merupakan asam amino esensial bagi manusia. menjaga keseimbangan osmotik sel.

19.  Tirosina
Fungsi : prekursor hormon tiroksin dan triiodotironin yang dibentuk di kelenjartiroid, pigmenkulit melanin, dan dopamin, norepinefrin dan epinefrin.
Manfaat : Tirosina tidak bersifat esensial bagi manusia. Oleh enzimtirosina hidroksilase, tirosina diubah menjadi DOPA yang merupakan bagian dari manajemen terhadap penyakit. sebagaiobatstimulandanpenenang yang efektifuntukmeningkatkankinerja mental danfisik di bawahtekanan, tanpaefeksamping.Parkinson.

20.  Triptofan
Fungsi : prekursor melatonin (hormonperangsang tidur), serotonin (suatu transmiter pada sistem saraf) dan niasin (suatu vitamin).
Manfaat : asam amino penyusun protein yang bersifat esensial bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar